Hal-hal Penting yang Harus Dipahami Pendaki Pemula

Hal-hal Penting yang Harus Dipahami Pendaki Pemula

Source: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/18/15/27/adventure-1835353_960_720.jpg

Belakangan ini, mendaki gunung jadi salah satu kegiatan yang banyak disukai orang untuk menghabiskan waktu liburan. Maklum saja, di gunung ada petualangan seru dan pemandangan yang tidak ada di tengah perkotaan. Tapi sebenarnya, mendaki gunung bukanlah liburan yang mudah dilakukan. Digunung, ada banyak rintangan dan bahaya yang bahkan bisa merenggut nyawa.

Sayangnya, banyak pendaki pemula yang kurang aware dengan rintangan-rintangan itu. Banyak diantara mereka yang pergi ke gunung tanpa berbagai yang wajib disiapkan. Kalau kamu termasuk pendaki pemula, cobalah untuk lebih menyiapkan berbagai hal penting yang harus kamu tahu untuk mendaki gunung, di antaranya:

Wajib Memiliki Fisik yang Prima
Tidak ada mobil yang bisa membawamu ke puncak gunung. Kamu dituntut untuk berjalan kaki selama berjam-jam sambil membawa barang yang berat di pundak. Maka, jangan remehkan persiapan fisik sebelum mendaki. Beberapa persiapan yang mudah kamu lakukan di sela-sela aktifitas, antara lain jogging untuk melatih pernapasan. Pilih juga olahraga yang bisa menguatkan otot bahu, tangan, dan paha seperti squat jumps, push up, dan back up. Lakukan olahraga ini dengan rutin dengan porsi yang meningkat dari waktu ke waktu.

Pelajari Tentang Outfit yang Tepat
Mendaki gunung bukanlah kegiatan untuk tebar pesona. Jadi, jangan bawa pakaian yang hanya bermodal modis saja. Pilihlah pakaian yang memang diperuntukan untuk mendaki gunung seperti jaket yang tahan air dan angin, celana kargo, dan sepatu khusus. Contoh pakaian yang tidak direkomendasikan tapi sering dipakai pendaki pemula adalah adalah jeans. Celana ini memang terlihat kece saat dipakai. Sayangnya, celana jeans justru bisa membuatmu tidak leluasa bergerak, membuat angin lebih mudah menyentuh kulit karena pori-porinya yang besar, sulit mengering jika basah, berat untuk dibawa, dan bisa menimbulkan lecet pada kulit.

Bawa Perlengkapan Pribadi yang Sesuai
Selain outfit, kamu juga harus membawa perlengkapan yang sesuai dengan keadaan di gunung dan kebutuhanmu sendiri. Salah satu perlengkapan yang harus sesuai adalah keril atau tas pendakian. Jangan sampai kamu membawa keril yang ukurannya tidak sesuai dengan logistik yang dibawa. Jika kamu membawa keril berukuran kecil untuk pendakian yang panjang, maka kamu bisa kekurangan logistik di tengan jalan. Kecuali kalau ada teman pendakianmu yang bisa membawa logistik lebih. Kamu juga harus memilih keril yang sesuai dengan postur tubuh kamu agar tidak mudah lelah dan lebih merasa nyaman saat pendakian. Selain itu, pilihlah keril yang memiliki frame baja agar beban dalam keril bisa tersebar dengan rata.Kamu juga bisa memilih keril yang memiliki akses masuk yang mudah dijangkau. Hal ini berguna untuk mengambil barang tertentu yang dibutuhkan dalam situasi mendesak. Soal tampilan, gunakan keril berwarna cerah agar lebih mudah di temukan saat kondisi gelap. Terakhir pastikan keril yang kamu bawa dilengkapi rain cot atau cover bag.

Perlengkapan lainnya yang harus kamu bawa antara lain matras, sleeping bag, headlamp. sarung tangan, P3K, tempat minum pribadi, jas hujan/ponco, serta perlengkapan opsional seperti masker, gaiter, jam tangan, dan trekking pole.

Adaptasi Cuaca
Hal yang tak kalah pentingnya saat mendaki gunung adalah melakukan adaptasi cuaca agar tubuh tidak kaget saat menghadapi cuaca gunung yang sangat berbeda. Penyesuaian ini bisa dilakukan dengan menginap di basecamp selama satu malam sebelum pendakian.

Ajak Teman Berpengalaman
Usahakan di dalam rombonganmu ada orang yang mengetahui tata cara mendaki gunung yang baik, cara melakukan pertolongan pertama untuk masalah kesehatan yang sering terjadi di gunung, dan jika perlu, pernah melakukan pendakian di gunung yang kamu daki sekarang agar tidak tersesat.

Sewa Porter
Sewa porter atau jasa angkut barang memang bukan kewajiban. Tapi menyewa jasa porter sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula, terutama bagi rombongan pendaki yang tidak memiliki rekan yang berpengalaman mendaki. Porter tidak hanya berguna untuk mengangkut barang, mere juga bisa memasak, menyiapkan tenda, penunjuk jalan, dan tim rescue terdekat yang bisa membantu jika terjadi kecelakaan.

Patuhi Prosedur
Patuhilah prosedur-prosedur yang berlaku di gunung yang kamu daki. Jangan lakukan hal-hal terlarang seperti mendaki melalui jalur yang tidak resmi atau mengunjungi spot yang dilarang meskipun tempat tersebut menarik untuk dikunjungi. Kamu pun jangan sampai mengabaikan surat ijin pendakian atau yang biasa disebut SIMAKSI atau Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi. SIMAKSI bukan hanya sekedar surat ijin. Dengan memilikinya, nama kamu sudah tercatat sebagai pendaki legal dan keselamatanmu pun lebih terawasi.

Patuhi Kode Etik
Ada semacam kode etik yang berlaku di gunung. Bunyinya, “Jangan ambil apapun kecuali gambar. Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Jangan membunuh waktu selain waktu.” Kode etik ini punya makna kalau kita harus menjaga kelestarian gunung.


Nah, setelah paham hal-hal penting dalam pendakian, sekarang tinggal atur jadwal pendakian bersama teman-temanmu. Jangan lupa cari tiket pesawat terbang ke bandara terdekat dengan gunung tujuanmu di agen tiket terbaik seperti reservasi.com. Kamu juga bisa langsung booking hotel online secara mudah di Reservasi.com.

0 komentar